Bagi pemilik Kawasaki Ninja 250 R mungkin perihal knalpot ‘nembak’ saat
di starter waktu mau dipanaskan adalah hal yang cukup biasa. Tapi tetap
saja tidak boleh dianggap sepele. Knalpot yang meleput seperti suara
tembakan ini berhubungan dengan pembakaran Ninja. Ada beberapa asumsi mengenai gejala ini, mulai dari busi kebanjiran
bensin, selang pembuangan yang tersumbat, hingga efek grip gas sering
diputar-putar saat motor dalam keadaan mati. Dirangkum dari forum
Komunitas Kawasaki Ninja 250 R, asumsi penyebabnya punya solusi
masing-masing.
Letupan dari knalpot Ninja, dinilai wajar karena mesin langsung bekerja setelah dingin terutama di pagi hari. Untuk mengurangi letupan tersebut bisa mengubah kebiasan untuk tidak memutar gas saat starter. Cara lainnya adalah dengan memutar choke sedikit kemudian starter tanpa bantuan gas. Supply BBM yang konstan dari choke memperkecil kemungkinan nembak. Kalau nggak menyala, choke ditambah sedikit-sedikit. Setelah menyala, baru choke-nya dibesarkan sampai kurang lebih 1500-2000 rpm untuk memanaskan mesinnya.” tulis akun AKasmy. Busi kebanjiran bensin pun disinyalir sebagai biang keladi knalpot Kawasaki Ninja 250 R ‘nembak’. Hal itu disebabkan karena jarum pelampung pada karburator sudah tidak bagus.
Letupan dari knalpot Ninja, dinilai wajar karena mesin langsung bekerja setelah dingin terutama di pagi hari. Untuk mengurangi letupan tersebut bisa mengubah kebiasan untuk tidak memutar gas saat starter. Cara lainnya adalah dengan memutar choke sedikit kemudian starter tanpa bantuan gas. Supply BBM yang konstan dari choke memperkecil kemungkinan nembak. Kalau nggak menyala, choke ditambah sedikit-sedikit. Setelah menyala, baru choke-nya dibesarkan sampai kurang lebih 1500-2000 rpm untuk memanaskan mesinnya.” tulis akun AKasmy. Busi kebanjiran bensin pun disinyalir sebagai biang keladi knalpot Kawasaki Ninja 250 R ‘nembak’. Hal itu disebabkan karena jarum pelampung pada karburator sudah tidak bagus.
Komentar
Posting Komentar